Blog ini adalah salah satu blog sebagai sarana pengembangan ilmu pengetahuan dan technology , yang salah satunya informasi tentang DESAIN WEB baik: CSS/JAVASCRIPT / HTML / PHP dll. selain itu juga bisa sharing tenang desain grafis. untuk lebih jelasnya bisa menghubungi saya lewat e-mail saya di moh.nawawye@gmail.com

Sabtu, 23 Februari 2013

Cara Install Windows 7 di Virtual Machine dengan VirtualBox

Microsoft Windows terus saja berkembang, sampai sekarang sudah sampai versi Windows 7 yaitu perkembangan setelah Windows Vista, banyak orang berkata kalau Windows Vista tergolong produk gagal,,,,tapi memang iya sih memang Windows vista banyak errornya,.,.,.,.Nah sekarang Windows 7 hadir untuk mengganti kegagalan Windows Vista,,,,,......


Bagi anda yang penasaran dengan windows 7 tapi bingung untuk menginstalnya,.,.,.karena agak tidak nyaman rasanya untuk menguji sistem operasi baru pada sistem utama anda dan anda belum yakin untuk menginstalnya,.,.,.,.Oke deh supaya anda yakin artinya tau persis sistem operasi Windows 7 tapi anda tidak perlu ambil resiko untuk menginstalnya pada sistem utama anda, meskipun ada kemungkinan untuk dual boot Windows 7 dengan Vista atau XP, tapi itupun masih kurang nyaman.,.,.,.,.,.


Sulusinya adalah dengan menginstal Windows 7 pada VirtoalBox, VirtualBox adalah mesin yang terpisah dan yang anda cari, VirtualBox adalah program virtualisasi gratis dan open source. Pada dasarnya, seperti memiliki komputer yang lengkap dan terpisah di dalam komputer anda. Anda dapat menginstal sistem operasi apapun di atasnya, termasuk Windows 7. Versi terbaru dari VirtualBox Versi 3.1.2 yang memiliki dukungan untuk Windows 7, yang membuatnya sangat mudah dan nyaman untuk menginstalnya.


Okelah kalo begini ayo kita ikuti langkah-langkahnya berikut ini.


  1. Langkah pertama anda harus mendownload VirtualBox disini. VirtualBox tersedia untuk berbagai platform: Windows, OS X, Linux, dan Solaris.
  2. Install VirtualBox,.,.,.Selama instalasi pada sistem Windows, anda dapat menerima peringatan bahwa software yang belum teruji yang diinstal. Pastikan untuk klik Continue Anyway ketika kotak-kotak itu muncul, supaya komponen penting bagi VirtualBox dapat berfungsi dengan benar pada saat sedang diinstal.

  3. Berikutnya anda siapkan Window 7 DVDnya, masukan ke dalam DVD drive, tapi kali ini saya akan berikan cara yang berbeda yaitu tidak lewat DVD drive, meskipun itu bisa di lakukan pada VirtualBox, namun supaya kita dapat melakukannya dengan berbagai cara. Caranya adalah kata bisa gunakan tool Magic Disc virtual DVD / CD rom, tool ini dapat digunakan untuk membuat file image ISO dan juga bisa mount file image menjadi VirtualDrive, silahkan anda download filenya disini, kamudian anda instal dan jalankan, lalu pada icon yang berada pada system tray icon anda klik kanan dan pilih make CD/DVD image.., kemudian pada source CD/DVD-Rom pilihlah Drive dimana Anda menaruh DVD Windows 7 nya, kemudian tentukan output format menjadi ISO dan tentukan output file,,,(misalnya di D:), pada option: make CD image lalu tekan OK,,,,,,,......
  4. Setelah VirtualBox terpasang dan anda memiliki image CD Windows 7, anda siap untuk membuat mesin virtual dan menginstal Windows 7. Jalankan VirtualBox dan Create New Virtual Machine.. Pastikan untuk memilih Windows 7 sebagai sistem operasi anda.
    Klik Next. Pada layar berikutnya silahkan tentukan berapa banyak memori yang anda ingin untuk membuat mesin virtual. Persyaratan minimum untuk Windows 7 adalah 1GB RAM, jadi pastikan untuk mengaturnya agar setidaknya 1024MB (minimal 512 MB).
  5. Pada window Virtual Hard Disk, beri ceklist Boot Hard Disk, dan pilih Create new hard disk. Lalu klik Next.
  6. Klik Next. Pada layar berikut anda akan membuat sebuah virtual drive baru untuk sistem. Saya merekomendasikan menggunakan pilihan default Dynamically expanding storage.Dengan cara ini tidak akan menggunakan ruang disk lebih banyak (pada sistem utama) dari yang diperlukan. Karena menggunakan Dynamically expanding storage, tetapi jangan terlalu kecil untuk mengaturnya, jadi 20-100GB mengaturnya agar aman.




    Setelah selesai membuat mesin virtual, anda harus mengkonfigurasinya untuk menggunakan Windows 7 disk image. Pilih mesin virtual anda, klik Setting, dan pilih storage arahkan ke gambar CD / DVD-ROM . Klik icon browse, klik insert cari tempat anda menyimpan Windows 7 imagenya, open kemudian klik Ok.
  7. Klik tombol Start untuk mengaktifkan mesin virtual. anda akan melihat instalasi Windows 7 dimulai. Cukup ikuti semua petunjuk dan menginstal Windows. Jika anda perlu untuk kembali ke komputer utama anda setiap waktu, hotkey untuk melepaskan kendali atas mesin virtual adalah tombol Ctrl pada sisi kanan keyboard anda.
  8. Setelah anda menginstal Windows 7, anda dapat menginstal guest additions. guest additions akan memberikan video dan audio yang lebih baik untuk mesin virtual. guest additions juga memungkinkan anda untuk lebih mengintegrasikan mesin virtual dengan sistem utama anda.
    Untuk menginstal guest additions, tekan tombol Ctrl kanan pada keyboard anda jika anda masih di dalam mesin virtual, pergi ke Devices menu dan pilih Install Guest Additions ...



    Selama instalasi guest additions, jika saat anda diminta menginstal driver, klik tombol Install. Setelah anda menginstal guest additions, reboot mesin virtual.

    Sekarang bahwa anda memiliki guest additions yang terinstal, anda akan dapat berbagi clipboard, akses ke file pada sistem utama, dan memindahkan kursor mulus masuk dan keluar dari mesin virtual. Anda dapat menekan Ctrl-F kanan dan melihat mesin virtual layar penuh. Apa ikan cantik!
Selamat Mencoba,,,,,,,,,,,,,,,,Semoga berhasil,.,.,.,.,.,.,.,.,...............

0 komentar: